Senin, 27 Juli 2009

Irit Hemat BBM Bensin Solar Thermostat Jangan Dicopot!

Pertama kali Thermostat Starlet saya dicopot, ketika Thermostat tersebut rusak. Indikator Suhu/Temparatur mobil meningkat, saya berhenti beberapa kali untuk mendinginkan mesin agar sampai ke bengkel dekat rumah saya. Kata montir, Thermostat dicopot tidak masalah.
Ketika service rutin di Toyota Astra Motor (TAM) saya bertanya kepada mereka dan mereka menjawab semua onderdil pasti ada fungsinya. Fungsi Thermostat adalah menjaga suhu ideal mesin.

Fungsi yang sebenarnya dari Thermostat baru saya ketahui, ketika saya membaca buku-buku tentang otomotif.
Katup Thermostat Menutup, ketika suhu mesin masih dingin, sehingga air tidak mengalir ke Radiator, tetapi langsung melalui Pipa By Pass bersirkulasi di sekeliling mesin (water jacket).
Thermostat berfungsi mempercepat tercapainya temperatur kerja (suhu ideal) mesin dan kemudian mempertahankan suhu ideal mesin tersebut. Suhu ideal mesin menjamin optimisasi performa/kinerja mesin (pembakaran BBM pada suhu ideal).
Katup Thermostat Terbuka, ketika suhu air sudah mencapai suhu tertentu (misalnya: 82 derajat Celsius) dan air akan mengalir menuju Radiator untuk didinginkan dan disirkulasikan kembali ke mesin.

Ketika membeli Mobil Timor DOHC Injection bekas, maka saya menyadari bahwa Thermostatnya dilepas.
Di pagi hari, mulai dari menghidupkan mesin hingga mencapai suhu ideal (Indikator Suhu stabil pada posisi tertentu) dan dengan menggunakan AC (Kipas Radiator langsung ikut berputar) membutuhkan waktu 5 menit, sedangkan jika tanpa menggunakan AC (hanya Blower AC yang hidup) membutuhkan waktu 3 menit. Waktu yang singkat sebenarnya, tetapi persoalan timbul pada jalan menurun ataupun saat melaju kencang di jalan tol pada malam hari, maka indikator suhu menurun hingga kurang dari 1/4 yang berarti suhu ideal mesin tidak tercapai. Kelajuan mobil tidak terganggu, tetapi Pemborosan BBM telah terjadi. Pada Mesin Injection, ketika suhu ideal mesin belum tercapai, maka bahan bakar diperkaya, agar suhu ideal mesin cepat tercapai dan sementara itu performa mobil tetap yahud.
Berarti Thermostat harus dipasang, jika ingin hemat/irit BBM!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar