Jumat, 09 April 2010

Accu Premium Hybrid vs Real Maintenance Free

Lead Acid Battery atau Aki/Baterai Asam Sulfat (H2SO4) terbagi menjadi:
1. Aki Antimonial (Antimonial Battery) menggunakan logam antimoni pada lempengan positip dan negatipnya.
2. Aki Hibrida (Hybrid Battery) pada lempengan negatipnya telah menggunakan senyawa Calcium.
3. Aki Kalsium (Calcium Battery) pada lempengan positip dan negatipnya keduanya menggunakan senyawa kalsium.

Pada merek-merek accu tertentu dibedakan dengan kata Premium, Hybrid dan Maintenance Free.
Pada accu Premium pemeriksaan ketinggian air accu mutlak dilakukan berkala. Sekali saja satu sel tidak terendam sepenuhnya dengan air accu, maka kerusakan accu telah terjadi dan akhirnya tak dapat digunakan. Proses kerusakan accu berjalan Progresif oleh karenanya sekali saja proses kerusakan telah dimulai, maka siap-siaplah segera membeli accu baru.
Sedangkan pada accu Hybrid penguapannya relatif lebih rendah, sehingga pengecekan ketinggian air accu dapat lebih jarang dilakukan.

Maintenance Free Abal-abal vs Real Maintenance Free.
Beberapa produsen mungkin menggunakan kata Maintenance Free untuk Accu Calciumnya. Walaupun accu Calcium penguapan air accunya lebih rendah lagi daripada accu Hybrid, tetapi tetap saja ketinggian air accu harus dimonitor melalui lubang pengisian air accu. Inilah Accu Maintenance Free Abal-abal, karena sesungguhnya tidak sejati Maintenance Free.
Pada Accu Real Maintenance Free, maka lubang pengisian air accu tidak terdapat atau setidaknya tidak tampak dari luar, karena ditutup dengan cover yang menyatu dengan body (sealed). Penguapan yang terjadi diperangkap dan dikondensasikan, sehingga permukaan air accu relatif stabil. Penambahan air accu mustahil dilakukan dan memang tidak perlu dilakukan sama sekali.

Harga Accu Real Maintenance Free buatan Korea lebih tinggi sekitar Rp. 150.000,- daripada Accu Hybrid. Untuk accu berkapasitas kecil selisih harga ini cukup lumayan, tetapi untuk accu berkapasitas besar selisih ini mungkin tidak berarti mengingat kelebihan-kelebihan Accu Real Maintenance Free apalagi jika dibandingkan dengan Accu Maintenance Free Abal-abal selisih harganya lebih kecil lagi dan semakin tidak berarti.

Kelebihan-kelebihan Accu Real Maintenance Free.
1. Benar-benar Bebas Perawatan.
Tidak perlu mengecek dan menambah ketinggian air accu sama sekali.
Ketinggian air accu dan keasamannya sangat stabil.
2. Daya Simpan Listrik Lebih Lama.
Walaupun tanpa membuka/memutus kutub negatip accu dan mobil tidak dihidupkan tiap hari, listrik yang tersimpan masih cukup untuk menghidupkan mesin.
3. Daya Start Sangat Besar.
Cold Cranking Ampere (CCA) sangat tinggi, sehingga meringankan dan memudahkan starter dengan perkataan lain Nendang Banget!
4. Bebas Korosi.
Penguapan air accu hampir tidak ada jadi korosi pada kutub maupun konektor dan chassis diminimalkan.

Memang tampaknya sekarang sudah jamannya Accu Real Maintenance Free, tetapi jangan salah pilih: Jangan Beli Accu Maintenance Free Abal-abal.

2 komentar:

  1. gan...accu buatan korea nya pake merk apa ya?
    trims

    BalasHapus
  2. sebelumnya saya mau ucapkan terimakasih sama om sarwa..saya belajar banyak dari blog ini, terutama masalah tembok yg rembes, camera DSLR, vaksin, baja ringan dll. mudah2an ilmu bermanfaat ini dapat balasan dati Tuhan. thanks om

    BalasHapus