Senin, 27 Juli 2009

Irit Hemat BBM Bensin Solar Thermostat Jangan Dicopot!

Pertama kali Thermostat Starlet saya dicopot, ketika Thermostat tersebut rusak. Indikator Suhu/Temparatur mobil meningkat, saya berhenti beberapa kali untuk mendinginkan mesin agar sampai ke bengkel dekat rumah saya. Kata montir, Thermostat dicopot tidak masalah.
Ketika service rutin di Toyota Astra Motor (TAM) saya bertanya kepada mereka dan mereka menjawab semua onderdil pasti ada fungsinya. Fungsi Thermostat adalah menjaga suhu ideal mesin.

Fungsi yang sebenarnya dari Thermostat baru saya ketahui, ketika saya membaca buku-buku tentang otomotif.
Katup Thermostat Menutup, ketika suhu mesin masih dingin, sehingga air tidak mengalir ke Radiator, tetapi langsung melalui Pipa By Pass bersirkulasi di sekeliling mesin (water jacket).
Thermostat berfungsi mempercepat tercapainya temperatur kerja (suhu ideal) mesin dan kemudian mempertahankan suhu ideal mesin tersebut. Suhu ideal mesin menjamin optimisasi performa/kinerja mesin (pembakaran BBM pada suhu ideal).
Katup Thermostat Terbuka, ketika suhu air sudah mencapai suhu tertentu (misalnya: 82 derajat Celsius) dan air akan mengalir menuju Radiator untuk didinginkan dan disirkulasikan kembali ke mesin.

Ketika membeli Mobil Timor DOHC Injection bekas, maka saya menyadari bahwa Thermostatnya dilepas.
Di pagi hari, mulai dari menghidupkan mesin hingga mencapai suhu ideal (Indikator Suhu stabil pada posisi tertentu) dan dengan menggunakan AC (Kipas Radiator langsung ikut berputar) membutuhkan waktu 5 menit, sedangkan jika tanpa menggunakan AC (hanya Blower AC yang hidup) membutuhkan waktu 3 menit. Waktu yang singkat sebenarnya, tetapi persoalan timbul pada jalan menurun ataupun saat melaju kencang di jalan tol pada malam hari, maka indikator suhu menurun hingga kurang dari 1/4 yang berarti suhu ideal mesin tidak tercapai. Kelajuan mobil tidak terganggu, tetapi Pemborosan BBM telah terjadi. Pada Mesin Injection, ketika suhu ideal mesin belum tercapai, maka bahan bakar diperkaya, agar suhu ideal mesin cepat tercapai dan sementara itu performa mobil tetap yahud.
Berarti Thermostat harus dipasang, jika ingin hemat/irit BBM!!!

Rabu, 15 Juli 2009

Murah Nyaman tapi TIDAK Murahan

Informasi terbanyak tentang Mobil Timor saya dapatkan dari Sopir Taxi, karena ia yang paling banyak jam terbangnya dalam menerbangkan Mobil Timor.
Mobil Timor Lega, lebih lega dari Soluna, Nyaman, Murah tapi cukup Modis, Onderdilnya relatif Banyak dan juga Murah. Kalau tidak percaya coba duduk di sebelah sopir dan anda dapat selonjor dengan leluasa tanpa perlu kaki ditekuk dan tidak terganggu spatboard ban yang menonjol ke kabin. Ini hanya bisa didapatkan di mobil yang sekelas di atasnya. Pendingin udaranya ada tiga pilihan: dingin, netral dan hangat dan ada outlet untuk kaki, jadi kalau ke Puncak bisa saja kaki anda hangat dan badan anda netral (sesuai udara luar) atau kombinasi lainnya.
Ketika saya tanyakan tentang pemakaian bensin, ia mengatakan bahwa pemakaian 1 liter bensin untuk 8 km jarak tempuh adalah wajar untuk penggunaan di dalam kota, padahal ia menggunakan Timor DOHC.

Orang Bengkel mengatakan bahwa Timor SOHC suka rewel Karburatornya dan sebaiknya memilih Timor DOHC Injection yang teknologinya lebih baru dan mumpuni (Bayangkan Gerobak Niaga Daihatsu GrandMax aja udah pakai DOHC VVTi). Onderdilpun jangan khawatir, karena banyak sekali sampai-sampai disc brake pad saja ada 4 macam: Asli KIA, Kw I, Kw II, Kw III; Jangan menggunakan Asli KIA, karena terlalu keras dan akan memakan cakramnya, tetapi juga jangan menggunakan Kw III, karena terlalu jelek, kecuali mobil mau dijual.

Alhasil saya membeli Mobil Timor DOHC tahun 2000.
Dari Bandung Pom Bensin Pahlawan hingga Bekasi Pom Bensin Petronas menghabiskan bensin sebanyak 9,3 liter untuk jarak tempuh yang tidak saya ketahui, karena Speedometernya mati. Ini adalah salah satu kelemahan Mobil Timor dimana Speedometernya sering 'disco' atau malah mati; Speed Sensornya harus sering dibersihkan, karena letaknya di bawah mesin dan tidak terlindung oleh karet apapun, sehingga pasti cepat kotor.

Kesimpulanku:
Tidak Rugi beli Mobil Timor!
Murah & Nyaman tapi Mobil Timor tidak coccok buat orang yang mementingkan Gengsi;-((
Silakan bandingkan sendiri dengan Carry, Katana ataupun Karimun, apakah lebih bergengsi???

Alamat Email: gsarwa@indosat.net.id

Update 1 Desember 2011:
Setelah pemakaian sekian lama, maka dapat saya katakan beberapa hal yang menjadi kelemahan Mobil Timor:
* List pintu. Yang berkaret hanya satu sisi pada body dan tak ada karet apapun pada sisi pintu. Sistemnya adalah sistem Balon, jadi kalau balonnya bocor/sobek, maka ia tak dapat mengembang sempurna, maka akan bocor sedikit dan air masuk ke kabin. Percuma menggantinya dengan karet non-balon, walaupun ukurannya pas, sebentar juga akan bocor lagi. Solusinya beli yang Asli, tetapi jarang yang punya.
* Connector Accu. Connector Accu mobil Timor berbentuk Kerucut Terpancung, sedangkan Kepala Accu umumnya yang beredar di Indonesia umumnya berbentuk Silinder. Jadi sering kendor dan tiap kali harus dikencangkan kembali. Karena di Kompleks Perumahan saya banyak polisi tidurnya dan saya lupa mengencangkannya, maka Kepala Accu saya sebagian meleleh (Bayangkan panasnya akibat kendor, di Wikipedia saya cek untuk meleleh Timah butuh suhu sekurangnya 300 Derajat Celsius). Hebatnya tutup atas Accu di tempat lelehnya Timah cuma lecet sedikit. Benar-benar hebat nih Accu ( Silakan Baca: http://mobil-timor.blogspot.com/2010/06/accu-awet-tahan-lama-sejak-beli.html ) Solusinya, karena Kepala Accu telah mengecil, maka perlu ganjel. Saya menggunakan Sekrup yang diselipkan di antara Connector Accu dan Kepala Accu. Berhasil! Sekarang ini ada yang namanya kondom terbuat dari timah, bentuknya seperti selongsong yang terputus untuk digunakan di kepala aki yang kecil sedangkan ukuran klemnya besar. Saya manfaatkan kondom tersebut dengan mengikisnya secara miring agar berbentuk konus, tetapi tanpa menggunakan sekrup ternyata tetap 'mrucut', jadi pemakaian sekrup adalah mutlak. Kalau bisa gunakan sekrup stainless agar tidak karatan. Sebenarnya ada sih aki dengan kepala konus, misalnya BOSCH Cold 12V95AH 450A equivalent, tetapi harganya itu bo! 450A itu maksudnya Cold Cranking Amperenya, silakan baca situs yang tertera di atas, accu awet tahan lama sejak beli.
TIP:
Jangan tunggu Kepala Accu anda meleleh, setelah anda mengencangkan Connector Accu anda, maka selipkan sekrup di antara Connector Accu dan Kepala Accu, kencangkan dengan Obeng, maka Connector Accu anda kalau mau naik ke atas (mrucut) tidak akan bisa.